Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Badan Sehat Selalu Berkat Jamu Sido Muncul

Pengobatan tradisional sudah ada sejak zaman dulu. Bahan-bahan yang digunakan merupakan tanaman obat yang tumbuh di kebun atau bahkan di hutan belantara. Sebagian dari tanaman rimpang, ada pula dari dedaunan atau rumput yang bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Cara pengolahannya pun sederhana dan menjadi suatu bentuk minuman yang sering kita kenal dengan nama ‘Jamu’. Tak asing lagi ya dengan nama itu, dari kecil kita juga pernah mendengar bahkan mengonsumsinya.

Seiring perkembangan zaman, jamu tradisional mulai terkikis. Beruntungnya ada sido muncul yang terus berupaya mempertahankan warisan leluhur agar jamu tak punah.

Jamu Tolak Angin Sido Muncul



Mengenal Lebih Dekat dengan Sido Muncul


Awal mula Sido Muncul tidak langsung berdiri dengan memproduksi banyak produk. Malah pada tahap pertama di tahun 1930, mulanya membuka toko roti dengan nama ‘Roti Muncul’. Kemudian, sang istri memproduksi obat herbal yang terkenal hingga saat ini, yakni ‘Tolak Angin’.

Pasangan suami istri dari Ambara, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, yakni Bapak Siem Thiam Hie dan Ibu Rakhmat Sulistio merupakan pemilik perusahaan sapi perah terbesar kala itu. Dan berbekal kemampuan Ibu Rakhmat yang mampu meracik rempah-rempah menjadi bahan obat-obatan, tahun 1935 mereka membuka usaha jamu di Yogyakarta.

Pada tahun 1940 Tolak Angin Godogan mulai dipasarkan. Kita tentunya tidak asing kan, dengan produk yang satu ini. Tolak Angin, selalu menjadi andalan di saat cuaca tak menentu dan rasa lelah memburu.

Hingga di tahun 1951, mereka membuka usaha baru dengan tajuk ‘Impian Terwujud’ atau yang disebut ‘Sido Muncul’ di Jalan Mlaten Trenggulun, Semarang, Jawa Tengah. Perjalanan untuk membesarkan dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat pun kian terwujud, yang pada tahun 1971 namanya berubah menjadi sebuah perusahaan perseroan terbatas, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul.

Yang sampai saat ini kita mengenal dengan ‘Sido Muncul’. Produk-produknya telah lekat di hati masyarakat. Membantu kita semua dalam menyembuhkan suatu penyakit atau pemulihan.Sampai-sampai di tahun 1997 akhirnya membuka pabrik jamu modern di daerah Bergas, Ungaran, Jawa Tengah.

Berbagai penghargaan pun telah diraihnya, dan pada tahun 2004, Sido Muncul mampu memproduksi 250 lebih jenis produk. Pasti teman-teman juga tidak asing lagi produk-produk unggulan dari Sido Muncul, seperti Tolak Angin, Tolak Linu, Susu Jahe, Kunyit Asem, dan lainnya. Bahkan sekarang ada produk baru yang sangat cocok untuk saya, yaitu Esemag. Salah satu cairan herbal untuk mengatasi asam lambung biar enggak mual-mual terus.



Jamu Herbal Sido Muncul



Macam-macam Jamu Sido Muncul


Biar tidak penasaran dan apa saja khasiatnya, yuk simak macam-macam jamu Sido Muncul.

1. Jamu Cair


Kesukaan kita pasti sudah paham semuanya ya. Berbicara jamu cair dari Sido Muncul tentu saja ada Tolak Angin, Tolak Linu, Esemag, dan Tolak Angin Bebas Gula.

Buat saya pribadi, Tolak Angin ini seperti sahabat setia karena bisa selalu ada untuk menghilangkan badan meriang yang mengganggu. Apalagi buat kita yang sering berada di luaran. Baik panas, hujan, angin, tetap diterjang terus. Badan sering merasa meriang. Cocok banget rasanya minum tolak angin.

2. Jamu Komplit


Produk jamu komplit ini seperti jamu pada masa dulu yang kini dikemas dengan modern. Yang dimaksud jamu komplit karena bahan-bahannya cukup banyak dan komplit dari berbagai rempah-rempah dan herbal lainnya.

Beberapa jamu komplit Sido Muncul adalah sebagai berikut:

  • Jamu Komplit Tolak Angin: berkhasiat untuk mengatasi masuk angin dan membantu melegakan pernapasan.
  • Jamu Komplit Kuku Bima: ini yang biasanya dicari para bapak, jamu komplit ini membantu meningkatkan vitalitas pria.
  • Jamu Komplit Sehat Wanita: cocok untuk membantu daya tahan tubuh wanita, jamu ini mengandung bahan alami seperti kencur, ginseng, dan ditambah madu.
  • Jamu Komplit Sakit Pinggang: dengan bahan alami jeruk nipis, jamu ini sangat cocok untuk mengatasi sakit pinggang. buat kita yang sering mengeluh pinggang sakit, wajib cobain jamu komplit yang satu ini.
  • Jamu Komplit Pegal Linu Telor: berkhasiat membantu meringankan rasa capek, lelah, dan nyeri otot setelah beraktivitas.

Selain yang saya sebutkan ini, masih banyak juga lho, macam-macam jamu Sido Muncul yang bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan kita.

3. Jamu Serbuk


Jamu serbuk ini sangat terkenal dari dulu. Sampai sekarang banyak orang-orang yang masih mencarinya. Beberapa produknya adalah sebagai berikut:

  • Jamu Serbuk Beras Kencur: merupakan jamu favorit sejuta umat.
  • Jamu Blend Mix Kunyit Asam: ini adalah jamu andalan buat kita para kaum hawa.
  • Jamu Serbuk Wasir: buat yang mengalami gangguan wasir, bisa mengonsumsi jamu ini.
  • Jamu Sehat Wanita: berfungsi untuk mengatasi gejala capek, pegal linu, dan menyegarkan badan.
  • Jamu Bersalin: untuk wanita yang sudah melahirkan, sangat dianjurkan minum jamu serbuk bersalin ini. Manfaatnya luar biasa lho. Dari memperbaiki peredaran darah, memperbaiki sel-sel darah merah, menambah nafsu makan, juga bisa memperlancar air ASI.
  • Jamu Sariawan Usus: mampu mengatasi gejala sakit perut karena kembung dan memelihara kesehatan usus.

Itulah beberapa macam produk jamu Sido Muncul. Sebenarnya masih banyak banget lho. Karena produk Sido Muncul bukan hanya jamu, tetapi ada vitamin, suplemen, makanan dan minuman, hand sanitizer, minyak telon, dan lain-lain.



Cara Membeli Produk Jamu Sido Muncul


Membeli produk jamu Sido Muncul sangatlah mudah. Bisa tersedia di berbagai toko jamu seluruh Indonesia. Dulu waktu pasca melahirkan saya juga membeli jamu bersalin di toko jamu daerah Purbalingga. Namun, biasanya kalau di toko jamu itu tidak menyediakan semua produk Sido Muncul tersedia.

Nah, buat teman-teman yang sedang mencari produk jamu Sido Muncul secara lengkap, sebaiknya akses langsung di Sido Muncul Store. Di situs tersebut kita dengan mudah mencari produk yang dibutuhkan. Selain itu, belanja jamu atau lainnya di Sido Muncul Store akan mendapatkan banyak keuntungan.

Cara Membeli Jamu Sido Muncul



Beberapa keuntungan seperti promo diskon, promo paket bundling, flash sale, mendapatkan point reward, dan lainnya. Selain itu, tersedia juga berbagai pengiriman reguler maupun express. Bahkan ada promo gratis ongkirnya. So, buat teman-teman tidak perlu ragu lagi untuk mengakses Sido Muncul Store agar lebih lengkap dan jelas.

Sedangkan cara pembayarannya juga mudah sudah bekerja sama dengan beberapa bank di Indonesia, e-wallet dan juga mitra mini market.


Terima kasih teman-teman sudah mampir di sini. Mari budayakan kita hidup sehat dengan mengonsumsi jamu. Melestarikan tradisi nenek moyang, agar badan sehat dan ceria serta jauh dari penyakit.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

23 comments for "Badan Sehat Selalu Berkat Jamu Sido Muncul"

  1. Tolak angin tuh semacam teman karib kalau aku lagi bepergian. Mau itu malam atau siang, kalau yang namanya bepergian rasanya ada yang kurang kalau nggak didopping sama Tolak Angin. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Baru aja aku kemarin beli Tolak Angin buat persediaan. Emg hawanya dingin sih kalo pagi dan malam. Tapi siangnya panas banget. Mknya sering masuk angin tuh apalagi anginnya juga gede kalo siang. Sido Muncul emg idaman keluarga.

    ReplyDelete
  3. Wah sudah 50 tahun lebih usia Sido Muncul. Luar biasa memang, kalau bukan karena kualitas yang selalu terjaga dan bisa beradaptasi dengan zaman tak mungkin bisa berdiri sampai sekarang. Dari semua produk Sido Muncul, yang paling sering beli Tolak Angin sih...

    ReplyDelete
  4. Wah, saya baru tahu sejarah jamu Sido Muncul ini. Dan ternyata itu malah diawali dengan toko roti bernama "Muncul" ya. Tapi memang konsistensi Jamu Sido Muncul ikut menjaga warisan Indonesia juga, termasuk menyehatkan masyarakat Indonesia juga.

    ReplyDelete
  5. yang paling favorit tolak angin nih. paling dicari dan memang paling terasa manfaatnya buat sehari-hari. mana praktis banget lagi diminumnya

    ReplyDelete
  6. Keluarga saya termasuk yang senang minum jamu. Dari kecil, anak-anak senang minum jamu dari tukang jamu gendong. Sekarang sudah ada yang praktis. Kalau mau jamu tinggal minum jamu Sido Muncul.

    ReplyDelete
  7. Jamu memang nggak lepas dari masyarakat Indonesia ya. Jamu Sidomuncul sudah ada sejak saya masih kecil. Dan sekarang tolak angin selalu jadi andalan saat masuo angin

    ReplyDelete
  8. Saya sudah familiar dengan jamu Sidomuncul ini secara dulu juga beli paket setelah melahirkannya lengkap, enak di badan

    ReplyDelete
  9. Wah aku baru tahu sejarahnya dan artinya ternyata impian terwujud. Sido muncul banyak sekali jenisnya yaa kita bisa gunakan sesuai dengan kebutuhan. Belum pernah coba yang lain selalu coba yang jamu cair. Tolak angin ini amunisi suami kalau lembur kerja, jadi kami selalu stok di rumah. Rasanya paling cocok tolak angin Sido Muncul sih dibanding yang lain.

    ReplyDelete
  10. Daku pernah nyoba yang kamu komplit tolak angin, itu ciamik banget memang dan cocok buat hempaskan si masuk angin yang kala itu daku derita

    ReplyDelete
  11. Waaah, sejarahnya menarik nih. Dari toko roti yang pemiliknya punya keahlian meracik jamu, hingga akhirnya jadilah sebuah perusahaan besar yang kini produknya banyak membantu masyarakat.

    ReplyDelete
  12. Biasanya saya konsumsi jamu cair. Apalagi kalau pas bepergian naik kendaraan bermotor, saya suka bekal sekaligus supaya bisa praktis diminum saat dalam perjalanan juga

    ReplyDelete
  13. Jamu adalah warisan budaya bangsa ya mbak
    Sido Muncul jadi jaku andalan keluarga Indonesia untuk menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  14. ternyata Sido Muncul punya Jamu Komplit Sakit Pinggang ya, aduuuuh kebetulan banget nih aku lagi ngerasain sakit pinggang akibat jarang olahraga dan aktivitas domestik yang segudang. auto nyari dan beli nih

    ReplyDelete
  15. Sido Muncul memang identik dengan Tolak Anginnya. Tapi ternyata, produk dari Sido Muncul sangat beragam, ya. Bahkan ada jamu batuk, jamu galian singset, jamu gemuk sehat. Setahu saya, Sido Muncul ini juga ada produk suplemen alaminya. Keren sih.

    ReplyDelete
  16. Sido muncul ni kayak ngga pernah gagal gitu loh yaa untuk bikin badan kita tetep sehat dan stamina terjaga. suamiku jg suka banget minum ini kalo lagi pegel2

    ReplyDelete
  17. Jamu Sido Muncul memang udah jadi andalan keluarga ya buat hempas masuk angin plus menyehatkan badan.

    ReplyDelete
  18. Aku kalo masuk angin, juga minum tolak angin auto langsung enakan lagi. Tapi yang paling aku suka warna kuning itu.

    ReplyDelete
  19. Saya salah satu penggemar jamu-jamu produk dari Sido Muncul. Mengonsumsinya menjadi salah satu upaya untuk tetap menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  20. Belanja jamu di Sido Muncul Store itu sudah pilihan tepat kalau cari produk-produk keluaran Sido Muncul yang bisa jadi nggak selalu tersedia di berbagai gerai di pasaran. Misalnya saja jamu serbuk yang nggak selalu mudah ditemukan di toko swalayan.

    ReplyDelete
  21. Perjamuan saya sebenarnya tidak doyan. Tapi semenjak pandemi jadi mulai memaksakan diri untuk coba hehe

    ReplyDelete
  22. Aku tuh ya kalau badan udah gak enak, suka banget minum jamu sido muncul. Selalu cocok di badan, bisa bikin kembali segar..

    ReplyDelete
  23. Varian Sido Muncul sebanyak itu yaa..
    Yang aku kenal hanya beberapa tapi beneran senyaman itu. Bikin tubuh fit kembali dari bahan alami yang gak perlu dikhawatirkan akan manfaatnya untuk kesehatan.
    Buatku, Sido Muncul ini jamu herbal terbaik.

    ReplyDelete