Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Pembayaran Digital dengan Menggunakan Barcode

Keuntungan Pembayaran Digital dengan Barcode


Metode pembayaran digital sangat disukai banyak orang karena lebih praktis, mudah, dan cepat. Salah satu metode paling banyak digunakan adalah dengan barcode. Nah, pertanyaannya apa itu barcode?



Keuntungan Pembayaran Digital dengan Barcode


Keuntungan pembayaran dengan QR Code

Sebelum membahas apa keuntungan yang didapatkan dengan pembayaran digital lewat barcode, maka pahami dulu apa itu barcode. Barcode sendiri merupakan kode dengan bentuk garis-garis yang dibentuk secara horizontal. Barcode tidaklah sama dengan QRIS. Sebab, QRIS adalah QR Code yang didalamnya berisikan berbagai identitas pengguna hingga nominal pembayaran.


Hingga saat ini, QR Code juga sudah digunakan sebagai metode pembayaran yang sah dan telah terstkamurisasi secara nasional. Agar lebih paham kenapa di zaman sekarang ini mesti menggunakan pembayaran digital barcode, simak beberapa alasan di bawah ini:

1. Dapat Memenuhi Berbagai Metode Pembayaran


Pada umumnya, hampir semua outlet bisnis kini sudah menggunakan pembayaran digital sebagai metode pembayaran utamanya. Bahkan, ada juga yang sudah tidak menerima uang tunai lagi karena dinilai cukup ribet untuk memberikan uang kembalian.

Beberapa aplikasi pembayaran digital yang banyak digunakan saat ini yakni Dana, Ovo, Gopay, LinkAja, BRI Mobile, PermataX, hingga MyBCA.


Dengan semakin berkembangmnya berabgai platform pembayaran digital menkamukan bahwa alat pembayaran digital memang menjadi alternatif pembayaran yang sangat menguntungkan semua pihak, baik itu penjual maupun pembeli.



Transaksi makin mudah dengan barcode



2. Pengelolaan Uang Lebih Mudah


Nah, dengan pembayaran lewat digital, maka penjual juga tidak perlu susah-susah menghabiskan waktu untuk menghitung hasil transaksi. Lewat pembayaran digital, kamu juga bisa mengakses perekapan data lebih efisien dan akurat hanya dengan satu kali klik saja.

3. Meningkatkan Keamanan Penyimpanan Uang


Tak sedikit loh penjual yang rugi akibat kehilangan uang saat mereka berjualan. Faktornya bisa beragam, mulai dari ketidaktelitian dalam pengembalian kepada pembeli hingga kelalaian akibat diri sendiri.

Akan tetapi, ketika kamu lebih memeprtimbangkan pembayaran digital, transaksi yang diterima dari pembeli tentu akan langsung tersimpan dengan aman di rekening. Sehingga, resiko kehilangan atau pencurian dapat diminimalisir.

4. Menurunkan Risiko Pembayaran Uang Palsu


Kasus uang palsu selalu menjadi berita harian karena memang banyak oknum yang sengaja melakukan hal ini demi kepentingan pribadi. Untuk menghindari kasus yang sama, penjual memang disarankan menggunakan pembayaran digital.

5. History Transaksi Bisa Diakses Kapan Saja


Setelah toko tutup, tentu kamu beserta tim lainnya akan melakukan perekapan terkait berapa omset harian yang berhasil dikumpulkan. Jika harus menghitung secara manual, pastinya sangat memakan waktu. Belum lagi masalah fisik yang sudah mulai menurun setelah seharian bekerja.

Lain halnya bila kamu menggunakan pembayaran digital. Cukup dijumlahkan, lalu dianalisis. Jika memang ada kesalahan pada omset yang seharusnya, kamu bisa melihat catatan transaksi kembali. Semua proses transaksi telah terekam secara otomatis. Jadi, kapan pun kamu bisa memantau dan menganalisis riwayat transaksi tersebut.

Dengan penjelasan singkat tentang apa itu barcode hingga keuntungan apa saja yang bisa kamu peroleh melalui pembayaran digital, mungkin dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan bisnis.

Jika kamu masih punya kendala dengan keuangan bisnis, seperti modal yang tak cukup. Jangan panik dulu! Masih ada peluang kok untuk membangun bisnis kembali lewat pendanaan UKM di Amartha. Diawasi langsung oleh OJK, Amartha bisa menjadi solusi pendanaan modal usaha yang aman bagi bisnis kamu!
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

14 comments for "Kelebihan Pembayaran Digital dengan Menggunakan Barcode"

  1. setuju banget, di pasar dekat rumah juga beli sayuran udah bisa pakai barcode, gak ribet sama uang receh juga. Dan menurutku pasti membuat pengusaha juga mudah melihat transaksi meski ada juga keluhan ternyata konsumen tak membayar dengan benar, hiks

    ReplyDelete
  2. Menggunakan QR Code emang enak banget, jadi lebih praktis dan ngga bingung uang kembalian hahaha. Terus lebih aman dan pengelolaan uangnya jadi gampang, apalagi ada history transaksi. Lebih cocok buat UMKM yang sedang merintis bisnis.

    ReplyDelete
  3. Banyak sih keuntungan membayar dengan perangkat digital, semuanya jadi tercatat tapi pemakaiannya juga harus lebih bijak, tapi yang jelas ini paling bermanfaat bagi penjual sih karena lebih mudah gak ribet nyari kembalian, dapet uang palsu, dan lainnya

    ReplyDelete
  4. Wew.. Ternyata beda QRIS dengan pembayaran digital barcode.
    Oh ya soal pendanaan, bisa juga nih nambah modal di bisnis make up dengan Amarta😀

    ReplyDelete
  5. Pakai barcode jadi lebih mudah untuk transaksi keuangan. Gak galau nyari kembalian. Walau memang tetep harus teliti juga pas scan-nya

    ReplyDelete
  6. Pembayaran digital ini memang praktis banget ya Mbak jadi kita nggak perlu bawa banyak uang kalau ke luar rumah.

    ReplyDelete
  7. Wah, iya juga yaa..
    Dengan pembayaran menggunakan barcode, tracking keuangan jadi lebih mudah dan jelas. Tapi aku punya kisah pilu mengenai pembayaran menggunakan barcode ini euii.. Cuma kalau jelas digunakan untuk apa dan dimana siih.. no worry yaah.. Malah jatuhnya jadi lebih praktis.

    ReplyDelete
  8. Pembayaran dengan metode digital memang lebih praktis sekarang, pembeli gak perlu repot cari receh bust bayar. Pernah soalnya mau beli sesuatu eh penjual gak ada kembalian, gak jadi beli deh

    ReplyDelete
  9. Aku lebih nyaman bayar pakai scan barcode Mak, bayarnya pas nggak usah nunggu kembalian yang kadang kurang. Lebih praktis juga. Secara sekarang aku jarang bawa uang cash.

    ReplyDelete
  10. Aku suka pembayaran digital gini karena lebih praktis, mudah, dan cepat.

    ReplyDelete
  11. Jaman sekarang pembayaran digital memang udah biasa, mKin berasa banget manfaatny dalam kehidupan harian.
    Bahkan para pelaku UMKM saja kalo pas jajan udah pake pembayaran digital Barcode snsua, berasa dipermudah segala pembayaran

    ReplyDelete
  12. Aku pernah kak pergi tuh gak bawa cash,,, saking udah keseringan bayar pakai qris, lebih memudahkan ya dan praktis aja, banyak manfaatnya juga ya salah satunya kita mendapatkan uang palsu, tapi tetap y biarpun tetep harus hati2 dn bisa kontrol diri juga

    ReplyDelete
  13. "QR Code juga sudah digunakan sebagai metode pembayaran yang sah dan telah terstkamurisasi secara nasional." Mbaaa..terstkamurisasi itu artinya apa ya? Mungkin typo? Kalau typo, saya penasaran dg maksud aslinya hehehe.

    Btw, pembayaran digital mmg sangat memudahkan dan meminimalisasi kesalahan. Kemarin lusa, dalam sehari saya mengalami dua kesalahan terkait pembayaran. Pertama beli jajan pakai uang 50rb dan habis 21 ribu, eh si penjual kasih kembalian 79rb. Sorenya beli bbm pakai uang 100rb dan habis 30rb, eh dikasih kembalian 20rb. Bersyukur keduanya clear karena saya sedang konsentrasi.

    ReplyDelete
  14. Aku suka deh dengan pembayaran berbagai transaksi secara cashless. Salah satunya ya dengan barcode atau QR. Praktis dan mudah. Bikin semua cepat. Mana tanpa biaya admin pula. Bikin kita gak perlu bawa uang cash banyak2 deh ya pembayaran cashless ini. Semoga semakin banyak deh para pedagang atau pihak penyedia barang dan jasa yang bisa bertransaksi secara cashless.

    ReplyDelete