Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Kembangkan Toko Batik agar Makin Untung

8 Tips Kembangkan Toko Batik agar Makin Untung

Supaya proses pengembangan bisnis berjalan lancar, maka tentunya kamu perlu mempersiapkan pendanaannya dengan baik. Apabila kamu membutuhkan dana untuk kebutuhan mengembangkan bisnis, kamu bisa mengandalkan dana dari pinjaman bank.

Ketika usaha sudah berjalan selama sekian waktu, melakukan proses pengemnbangan merupakan salah satu langkah tepat yang bisa diambil agar bisnis tersebut tetap tumbuh dan menghasilkan keuntungan lebih. Hal ini tentunya juga perlu diaplikasikan ketika kamu merintis bisnis toko batik.

Artikel ini akan mencoba membahas tentang tips-tips yang bisa kamu lakukan jika kamu tertarik mengembangkan bisnis toko batik. Pembahasan lebih lengkap terkait topik tersebut akan dijelaskan pada poin-poin di bawah ini.



8 Tips Mengembangkan Toko Batik


Sesuai dengan namanya, toko batik merupakan sebuah toko yang menjadikan barang-barang bermotif batik sebagai produk yang dijual. Namun tidak hanya sebatas itu, tentu untuk bisa menyajikan produk batik tersebut terdapat banyak proses yang perlu ditempuh.


Untuk kamu yang tertarik mengembangkan bisnis toko batik, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Perbesar Konveksi


Ketika kamu ingin mengembangkan usaha di industri perbatikan, tips pertama yang bisa kamu aplikasikan yaitu dengan memperbesar konveksi di mana produk-produk batikmu dibuat.

Dengan mengembangkan ukuran konveksi, maka proses pembuatan produk batik yang akan dijual juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dan lebih banyak. Untuk mendukung perwujudan tips satu ini, kamu bisa mengandalkan dananya dengan mengajukan pinjaman bank.

2. Dukung dengan Peralatan Berkualitas


Batik terdiri dari beberapa jenis berdasarkan teknik pembuatannya mulai dari batik cap, batik tulis, hingga jenis batik yang disablon atau printing. Nah, jenis batik seperti apa yang menjadi produk dari tokomu?

Apapun jenis batiknya, pastikan kamu menyediakan peralatan berkualitas agar produk-produk yang dibuat tentunya menghasilkan barang yang juga berkualitas. Untuk membantumu menambahkan peralatan-peralatan baru yang berkualitas di konveksi, kamu bisa mencari pinjaman dana di bank.

3. Buka Toko/Cabang Baru


Tidak hanya itu, mengembangkan usaha batik juga bisa dilakukan dengan cara membuka toko atau membuka cabang toko batik baru, lho!

Ketika kamu ingin melakukan tahapan ini, tentunya kamu perlu mempersiapkan dananya dengan matang. Salah satu solusi pendanaan yang bisa dipertimbangkan untuk kebutuhan mengembangkan bisnis yaitu dengan mengajukan pinjaman bank.

Selain perihal pendanaan, ketika kamu ingin membuka cabang toko baru, pastikan kamu memilih tempat yang strategis.

Kemudian, dekorasikan toko batik tersebut semenarik mungkin agar para pengunjung bisa tertarik dengan produk-produk batik yang kamu jual. Pertimbangkan juga perihal pencahayaan agar produk batik yang ditampilkan bisa lebih menonjol dan menjual.

Toko Batik



4. Temukan Supplier Unggulan


Supaya bisa menghasilkan produk batik berkualitas, maka kamu perlu mencari dan bekerja sama dengan supplier atau pemasok bahan baku yang unggulan. Dalam tahapan mencari pihak pemasok bahan baku untuk batik ini, pastikan kamu melakukan riset yang mendalam dan mempertimbangkan reputasi yang dimiliki oleh pemasok tersebut.


5. Fokus pada Kualitas


Usaha toko batik dengan persaingan yang ketat membuat kamu perlu berpikir ekstra supaya banyak orang bisa lebih tertarik dengan produk batik buatan bisnismu dibandingkan dengan bisnis para pesaing.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu perlu lebih fokus pada aspek kualitas. Dengan menawarkan kualitas yang jempolan, maka dengan sendirinya para pelanggan akan mengenal bisnismu dengan batik berkualitas.

6. Kreasikan Banyak Desain dan Model


Saat ini, batik hadir dalam banyak model. Kamu bisa menemukan motif batik pada banyak fashion item, mulai dari baju, celana, tas, hingga aksesoris-aksesoris unik lainnya.

Ketika kamu ingin mencoba mengaplikasikan motif batik pada barang baru, maka pastikan kamu melakukan riset secara mendetail terlebih dahulu. Dengan melakukan riset, maka kamu akan bisa membuat produk dengan lebih baik.

7. Pasarkan dengan Giat


Kunci utama sebuah bisnis bisa berkembang dengan baik ialah dari kegiatan promosi yang dilakukan. Semakin giat kamu memasarkan, maka akan semakin banyak orang pula yang akan mengenal toko batik yang kamu rintis tersebut.

8. Mencoba Beragam Kegiatan Promosi


Dana dari pinjaman bank bisa kamu manfaatkan juga untuk kebutuhan promosi. Tidak hanya perlu rajin, kamu juga perlu memutar otak terkait kegiatan promosi yang dilakukan.

Ada banyak sekali cara-cara promosi yang bisa dilakukan untuk semakin memperkenalkan toko batik milikmu ke khalayak ramai.

Selain bisa merambah ke promosi digital dengan bantuan sosial media, kamu juga perlu mencoba berpromosi dengan melakukan kerja sama dengan banyak pihak ternama, misalnya influencer di bidang fashion.


Untuk bisa memperbesar keuntungan, salah satu cara yang bisa dilakukan ketika kamu merintis bisnis toko batik yaitu dengan melakukan pengembangan.

Kesimpulan


Berdasarkan pembahasan di atas, beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan toko batik ialah memperbesar konveksi, menggunakan peralatan batik berkualitas, membuka cabang toko baru, bekerja sama dengan supplier unggulan, harus selalu fokus dengan kualitas, mengkreasikan produk, dan melakukan promosi dengan giat melalui beberapa strategi

Proses pengembangan toko batik ini tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jika kamu membutuhkan dana tambahan, maka kamu bisa mengajukan produk pinjaman tepercaya seperti DBS KTA.

Produk pinjaman ini sangat menarik dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pengembangan bisnis karena menawarkan limit pinjaman yang besar hingga Rp300 juta. Kemudian, dengan bunga flat mulai dari 0.88%, kamu juga bisa membayar cicilan dengan rentang tenor pinjaman hingga 36 bulan.

Jika kamu tertarik dan ingin mengetahui informasi terkait produk pinjaman bank DBS KTA untuk kembangkan bisnis, yuk pelajari detail persyaratannya dengan klik di sini.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "8 Tips Kembangkan Toko Batik agar Makin Untung "