Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bergerak Bersama PAFI Kabupaten Mamuju untuk Kesehatan Masyarakat

Kesehatan merupakan hal penting bagi setiap individu. Karena, dengan badan yang sehat, kita bisa beraktivitas tanpa ada rasa yang mengganggu di tubuh kita. Untuk mewujudkan setiap individu sehat, banyak yang harus dilakukan.



Hal-hal yang Membuat Tubuh Kita Sehat


Kesehatan Tubuh


1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Real Food


Zaman sekarang menu cepat saji sudah hampir di setiap kecamatan. Saya sendiri memang menyukai makanan junk food ini. Padahal, makanan seperti itu sebenarnya kurang sehat dan tidak baik bagi kesehatan.

Sebagai anak petani, bapak saya sering menasehati makanlah makanan yang dari alam. Bahkan ditegaskan banget jangan sering-sering makan olahan ayam dan telur yang sudah dimasak sedemikian rupa. Kalau mau makan ayam dan telur, hendaknya ayam kampung, dan lainnya.

Makanan Real Food ini adalah makanan yang alami, tidak banyak proses, tidak ada tambahan bahan kimia dan pemanis buatan. Contoh makanan real food ini berasal dari petani/peternak dan diolah oleh kita sendiri. Sayuran kita masak tanpa banyak proses olahan, daging kita masak sekaligus sampai matang.

Selain itu, real food lainnya adalah buah-buahan, yang mana makanan ini bisa langsung kita konsumsi tanpa ada proses lagi.

2. Minum Air Putih yang Cukup


Hindari minuman yang mengandung gula terutama pemanis buatan, minuman bersoda, dan minuman olahan lainnya yang sudah banyak proses. Perbanyaklah minuman air putih.

3. Jangan Tinggalkan Olahraga


Olahraga menjadi bagian terpenting bagi kehidupan kita. Sesehat apa makanan yang kita konsumsi, ketika tidak diimbangi dengan aktivitas gerak juga tidak baik. Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, dari mulai olahraga lari.



Olahraga



Saya sendiri saat ini mencoba lari meskipun hanya beberapa menit, kemudian saya lanjutkan dengan peregangan otot-otot. Saya melakukan itu di sore hari, yang kemudian saya lanjutkan untuk bermain voli.

Olahraga lari ini juga saat ini menjadi trend di kalangan anak muda. Selain mudah dilakukan juga banyak tempat untuk melakukannya. Terlebih lagi, banyak jogging track di wilayah kita.

4. Kelola Stres dengan Baik


Siapa yang tidak pernah mengalami stres? Rasanya tidak mungkin ya sebagai manusia terhindar dari stres. Namun, stres yang berlebihan ini tidak baik, lho. Bisa menyebabkan tidak tenang, tekanan darah bisa naik, dan lainnya.

Stres berlebih juga bisa memicu asam lambung yang naik, susah berkonsentrasi dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

5. Istirahat yang Cukup


Terlalu sering begadang membuat organ tubuh tidak sehat. Sebaiknya untuk menghindari risiko penyakit berat di kemudian hari, tidur di malam hari adalah kuncinya. Istirahat yang cukup membuat badan meregenerasi sel-sel mati dan ‘istirahat’ untuk beraktivitas.

Upaya Pemerintah Mendukung Indonesia Sehat


Gaya hidup sehat

Kesehatan individu menjadi bagian terpenting dalam agenda pemerintah. Untuk itu, pemerintah terus berupaya agar masyarakat hidup sehat. Berikut upaya pemerintah untuk menuju Indonesia Sehat.

1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan


Menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai di seluruh wilayah Indonesia. Agar setiap warga negara memiliki hak dan pelayanan yang sama dalam hal kesehatan. Sehingga ketika terjadi suatu penyakit, setiap warga bisa tertolong lebih cepat.

Selain itu, peningkatan kualitas tenaga kesehatan juga terus diupayakan. Hal ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Baik dari segi sarana dan prasarana maupun dari tenaga medisnya.

2. Perbaikan Gizi


Saat ini pemerintah sangat memperhatikan gizi terutama bagi anak-anak. Dengan menggandeng para kader kesehatan di setiap desa/kelurahan, setiap anak yang stunting akan diberikan support makanan/vitamin agar gizi makin membaik.

3. Pemberian Jaminan Kesehatan


Saat ini pemerintah sudah memberikan Jaminan Kesehatan Nasional yang bisa digunakan oleh setiap warga negara. Untuk warga negara yang kurang mampu semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah.

4. Bergerak Bersama untuk Masyarakat Sehat


Di setiap daerah sudah memiliki agenda kesehatan tersendiri dengan cara bergerak bersama masyarakat. Bahkan tak jarang yang menggandeng Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) untuk melakukan kegiatan bersama masyarakat.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) mencakup seluruh kegiatan kesehatan. Baik dari pengecekan kesehatan, pengobatan, pencegahan, dan juga gerakan bersama perbaikan sanitasi. Di daerah-daerah, para kader tak jarang yang menggandeng PAFI untuk melakukan kegiatan ini.

Germas sendiri bertujuan agar masyarakat mulai terbiasa hidup sehat dan bersih. Dengan begitu, diharapkan tidak ada permasalahan masyarakat yang masih tertinggal terkait kesehatan.

5. Pemerintah Terus Mensosialiasasikan Hidup Sehat


Sosialisasi hidup sehat bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tak terkecuali di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Selatan. Pemerintah setempat menggandeng FAFI Kabupaten Mamuju untuk menyebarkan informasi terkait kesehatan. Bekerja sama menanggulangi demam berdarah, melakukan fogging atau pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara menyeluruh.


PAFI Kabupaten Mamuju, kegiatannya selain berinovasi terhadap obat-obatan yang beredar agar semakin tepat sasaran, juga turut andil dalam menyehatkan masyarakat. Juga turut serta mencegah adanya obat-obatan yang keras agar tidak terjual bebas di apotek-apotek. Informasi lengkap bisa diakses pafimamujukab.org karena selain pesona alamnya yang elok, PAFI Kabupaten Mamuju juga sangat baik untuk dijadikan contoh.




Penutup


Kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup kita. Selian support dari pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan, kita sebagai individu juga tidak boleh mengabaikan begitu saja. Karena masyarakat sehat secara meluas itu bersumber dari individu yang sehat pula.

Kegiatan untuk masyarakat sehat kita dapat menggandeng tenaga medis dan para kader di setiap daerah masing-masing, termasuk PAFI. Seperti halnya di Kabupaten Maju, di sana menggandeng PAFI Kabupaten Mamuju untuk gerakan masyarakat hidup sehat, dan upaya penanggulangan suatu penyakit.

Well, mari kita hidup sehat. Dimulai dari diri sendiri dan menyebarkan kan lingkungan sekitar.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Bergerak Bersama PAFI Kabupaten Mamuju untuk Kesehatan Masyarakat"