Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Makanan Sehat untuk Anak

Tumbuh kembang anak sangatlah penting. Sehingga kita sebagai orang tua tidak boleh mengabaikan makanan anak. Wajib hukumnya untuk diperhatikan. Jangan sampai anak-anak kita kekurangan gizi dan mengalami stunting.



Manfaat Makanan Sehat untuk Anak


Manfaat makanan sehat untuk anak

Sekali lagi, makanan anak tidak boleh sembarangan. Berikut merupakan manfaat makanan sehat untuk anak.

1. Menunjang Pertumbuhan Anak


Masa anak-anak sangatlah penting untuk tumbuh dan berkembang. Di usia emasnya itulah, makanan yang bernutrisi baik harus terserap ke tubuhnya. Sehingga anak-anak bisa tumbuh secara ideal. Baik pertumbuhan fisik maupun kecerdasan otaknya.

2. Mengurangi Risiko dari Berbagai Penyakit


Makanan anak yang sehat akan menjadikan tubuh sehat dan kuat. Sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Mengonsumsi makanan yang sehat, membuat anak tidak mudah sakit, sehingga anak bisa bergerak aktif untuk mengeksplor keingintahuannya.

3. Membantu Meningkatkan Kecerdasan Anak


Diimbangi dengan belajar, anak-anak akan mudah menyerap pengetahuan. Untuk itu, nutrisi yang diperlukan juga sangat beragam, tetapi juga untuk menunjang kecerdasannya. Bukan hanya asal mengenyangkan saja.

Selain itu, dengan makanan sehat, pertumbuhan otak anak akan sangat optimal. So, hindari junk food ya, Moms.

4. Menjaga Mood Anak


Anak-anak itu juga sama seperti kita. Kadang suasana hatinya baik, kadang buruk atau galau kayak kita. Untuk itu, agar suasana hatinya tetap bagus, kita sebagai orang tua tak boleh mengabaikan makanannya.

Melansir dari halaman ayosehat.kemkes.go.id, ada makanan yang bisa membuat mood menjadi baik, misalnya pisang, cokelat hitam, ikan, dan kacang-kacangan.



Makanan Anak yang Menyehatkan


Makanan anak yang menyehatkan

Dengan berpedoman makanan gizi seimbang, berikut makanan anak yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

1. Mengandung Karbohidrat


Karbohidrat tidak hanya nasi, bisa jagung, ubi jalar, maupun ketela, dan juga gandum. Makanan anak setidaknya mengandung karbohidrat untuk bekal energinya. Karena mereka sedang aktif-aktifnya bergerak dan bereksperimen di sekitarnya.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral


Makanan pokok selanjutnya adalah sayuran. Wajib buat kita semua yang ingin sehat harus mengkonsumsi sayur. Untuk anak-anak bisa memilih sayur bayam, wortel, san kacangan-kacangan.

Selain sayur, camilan anak sebaiknya diga ti menjadi buah. Di negara kita, sepanjang tahun selalu melimpah dengan buah-buahan. Buah lokal juga banyak mengandung vitamin/nutrisi yang diperlukan anak-anak.


3. Mengandung Protein


Protein ini penting banget lho untuk perkembangan anak-anak. Karena protein menunjang pertumbuhan otot, kulit, hormon dan sel-sel pada tubuh. Protein bisa berasal dari hewani maupun nabati. Hal ini kita tidak pusing lagi mau protein apa, kan?

Karena makanan di sekitar kita juga banyak protein, dari tahu, tempe, daging ayam, daging sapi, dan ikan.



Makanan anak sehat



4. Mengandung Lemak Baik


Lemak baik penting untuk perkembangan anak, karena bisa membantu perkembangan otak anak, melindungi organ-organ tubuh, membentuk sel-sel dan hormon.

Penutup


Sekali lagi, makanan anak tidak boleh sembarangan. Selain itu, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak bisa diberi tambahan susu anak PediaSure. Susu PediaSure ini mengandung nutrisi tambahan seperti Vitamin K2, DHA & AA, Omega 3, Omega 6, serta vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh anak.

So, buat Moms sekarang gak perlu khawatir lagi tentang kebutuhan nutrisi anak, ya.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

12 comments for "Pentingnya Makanan Sehat untuk Anak"

  1. Pediasure gak hanya bagus kandungan gizinya. Rasanya juga enak. Kata anak-anak saya kayak rasa es krim. Makanya waktu kecil, bisa dengan mudah langsung suka Pediasure.

    ReplyDelete
  2. Kasihan kalau anak2 sedari kecaila supan makannya gak sehat, mungkin terkesan repot menyiapkan makanan sehat tp investasi kesehatan anak jangka panjang worth banget utk diupayakan sedari dini

    ReplyDelete
  3. Kalau bisa makanan untuk anak lengkap ya mak mulai dari karbohidrat, protein, dan vitaminnya juga ada. Apalagi anak kan sedang dalam masa pertumbuhan juga jadi makanan yang dikonsumsi itu penting

    ReplyDelete
  4. setuju banget. anak-anak yang dibiasakan makan buah dan sayuran, daya tahan tubuh dan staminanya lebih baik.

    ReplyDelete
  5. jujur nih PR banget buatku bisa memberikan makanan yang sehat ke anak-anak soalnya pada pilih-pilih makannya. huhu

    ReplyDelete
  6. Nutrisi dari makanan yang bervariasi & bergizi seimbang nomor satu buat anak kalau kurang bisa dilengkapi ya pakai Pediasure

    ReplyDelete
  7. Anak bungsuku dulu pilih-pilih makanan, beda dengan kakaknya yang mau apa aja. Jadi buat melengkapi kebutuhan nutrisinya saya beri tambahan susu anak PediaSure. Alhamdulillah membantu tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  8. Makanan sehat bernutrisi penting buat anak karena bisa mendukung perkembangannya ya mbak. Susu Pediasure ini sering kali diresepkan buat mereka yang berat badannya kurang. Biasanya memang buat perbaikan gizi gitu yaa.

    ReplyDelete
  9. Saya masih berjuang banget untuk mendorong anak bungsu makan sayur mak. Picky banget soal sayur tapi lumayan gampang makan buah. Jadinya, saya harus rajin sediakan buah, setidaknya untuk substitusi sayur. Salah satu siasat sih ngejus nanas dengan dicampur aneka sayur hihihi

    ReplyDelete
  10. Pastinya ya mba makanan sehat,.lengkap dengan gizi yg tepat dan seimbang untuk tumbuh kembang sangat penting banget..ini sih jadi peer orangtua harus melek selalu tentang gizi ya

    ReplyDelete
  11. Orangtua harus punya pengetahuan tentang nutrisi dan gizi seimbang untuk anak ya, ponsel pintarnya harus dimanfaatkan untuk mencari informasi penting seperti ini..

    ReplyDelete
  12. Aku masi inget banget iklannya Susu PediaSure jaman duluu..
    Dan karena aku anaknya picky eater, jadi dibelikan Susu PediaSure untuk memberikan nutrisi yang sehat, sehingga orangtuaku ga khawatir lagi dengan pertumbuhan dan kesehatan.
    Kini, giliran aku melakukan hal yang sama juga sama anak-anak yaah..

    ReplyDelete