Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ngegame Sambil Belajar Keuangan dengan Money Games Mortgage Calculator

Makin ke sini harus makin paham tentang literasi keuangan. Pasalnya, inflasi tiap tahun terus terjadi, harga bahan pokok merangkak naik. Biaya-biaya kebutuhan lainnya yang tidak bisa dibendung lagi juga akan ada penyesuaian harga tiap tahunnya. Dari biaya pendidikan, listrik, air, dan lainnya.

Untuk itu, sudah seharusnya kita mengerti dan paham tentang literasi keuangan. Bukan untuk orang dewasa saja, tapi juga untuk anak-anak dan remaja, seperti sebelumnya saya menyampaikan pada anak-anak SEMA PALA. Karena dengan paham literasi keuangan, kita dapat memilah dan membedakan mana kebutuhan pokok, dan mana yang hanya sebuah keinginan.



Pentingnya Belajar Literasi Keuangan untuk Anak


Belajar literasi keuangan

Beberapa hal penting tentang literasi keuangan berikut ini harus ditanamkan sejak anak-anak.

1. Membantu Anak untuk Memahami Bahwa Mendapatkan Uang Harus Berusaha


Tidak semua keinginan anak harus dituruti. Saya sangat setuju dengan kalimat itu. Untuk itu, sedari kecil mengajarkan anak bahwa mendapatkan sesuatu atau uang itu ada jalannya. Nah, bagi anak-anak bisa mulai dari membantu orang tua di rumah, atau menyisihkan uang jajannya agar bisa punya uang sendiri.


2. Uang Bukan Miliknya Harus Dikembalikan Kepada Pemiliknya


Dalam hal ini bisa mengajarkan anak untuk berdagang, jadi anak akan paham cara jual beli, serta kalau ada kembalian harus diserahkan ke pembeli tersebut.

3. Membantu Anak untuk Mulai Menabung


Prinsip saya, sekecil apa pun tabungan itu harus ada dan konsisten. Nah, buat para Moms juga perlu nih membantu anak untuk mulai menabung. Membelikan celengan agar anak bisa memasukkan uang koinnya ke celengannya.

Selain dari kita sebagai orang tua yang mengajarkan literasi keuangan, dari permainan seru juga bisa mengajarkan anak tentang keuangan. Salah satunya di Mortgage Calculator Money Games yang menyenangkan dan seru.

Beberapa Permainan Seru di Mortgage Calculator yang Tidak Akan Membosankan


Money Games Mortgage Calculator


1. Coin Saver Challenge


Coin Saver Challenge

Siapa nih yang suka menyisihkan uang receh? Di games ini juga mirip kita menyisihkan uang receh, bedanya ini uang recehnya harus dimasukkan ke toples dan dikelompokkan dengan nilainya. Ada tiga pilihan tingkat kesusahan dari mudah, sedang, dan sulit. Buat anak-anak masih cocok ya pilih yang mudah.

Coin Saver Challenge



Cara bermainnya memasukan koin ke dalam toples senilai uang tersebut. Di tiap-tiap toples ada angka berapa nilainya. Kalau bisa menyelesaikan dalam waktu kurang 5 menit, akan dapat bonus.

2. Cashier Simulator


Cashier Simulator

Game selanjutnya ada Cashier Simulator. Merupakan game yang paling menyenangkan karena kita di sini bermain sebagai kasir di sebuah toko kelontong. Kemudian kita menghitung jumlah belanjaan pembeli. Cara bermainnya, hitung barang belanjaan pembeli, kemudian ditotal jumlah berapa untuk dibayarkan oleh pembeli. Apabila pembeli membayar cash dan ada kelebihan, kita wajib memberikan kembaliannya.

Game Cashier Simulator ini memiliki 160 level, kalau tiap level kita berhasil, kita akan mendapatkan 3 bintang. Game ini bisa mengajarkan anak-anak untuk menjadi seorang pedagang nih. Keren.

3. Counting Money


Counting Money

Sangat cocok bagi pemula untuk bermain game Counting Money. Di mana bisa menghitung uang Dollar Amerika dan koinnya. Cara bermainnya kita mengikuti perintah yang sudah tertera, misal untuk mengumpulkan uang USD 7.42, maka kita memasukkan sejumlah uang itu. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Harus pas. Setelah itu kita click ‘check’ dan berhasil mengumpulkan uangnya.

Counting Money



Setiap level ada 10 jawaban yang harus dijawab dengan benar. Setelah semuanya oke, akan semakin tinggi pula jumlah uang yang dihitung. Saya sangat menikmati game ini. Bahkan terus berusaha untuk naik level terus. Abis asyik banget di game ini, bisa mengumpulkan uang itu seneng, apalagi kalau beneran ya? Hahahaha.


4. Money Mosaic


Money Mosaic

Game Money Mosaic merupakan salah satu game yang paling mudah sih menurut saya, tinggal menyusun pecahan uang dollar masukkan ke dalam kotak. Kotak pecahan yang paling mudah adalah 8 kotak, selanjutnya ada 12 dan 16 kotak. Makin banyak kotak, tentu saja makin sulit untuk menyusun pecahan uangnya. Setelah berhasil menyusunnya, maka kita naik level.

Penutup


Itulah empat game yang bisa membuat kita makin paham dengan keuangan, terutama untuk anak-anak. Dengan begini, bisa bermain sambil belajar tentang uang. Semua itu bisa diakses gratis hanya di https://mortgagecalculator.org/money-games/ .

Di zaman sekarang ini untuk belajar sesuatu hal yang baru sudah semakin mudah dan aksesnya kian luas, bahkan untuk belajar tentang keuangan juga bisa dari game. Selain untuk merefresh otak anak-anak, Money Game juga membantu tentang pemahaman uang. Dari cara mengelolanya, mengenalinya, dan bagaimana cara menghitung uangnya.

Well, semua itu bisa kita lakukan dengan bermain di Money Game Mortgage Calculator. Yuk, cobain, saya juga sangat meninkmati permainan di sini.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

18 comments for "Ngegame Sambil Belajar Keuangan dengan Money Games Mortgage Calculator"

  1. Seru nih money game, biasanya anak anak Terkat lebih cepat bisa menguasai game ini. Boleh boleh saja asalkan jangan lupa waktu dan kewajiban.

    ReplyDelete
  2. Perlu diajarkan sejak dini cara mengenali, memahami dan mengelola keuangan ini. Caranya di antaranya dengan mengajarkan anak tentang keuangan lewat permainan Mortgage Calculator Money Games yang menyenangkan dan seru

    ReplyDelete
  3. Game atau permainan menjadi media yang paling mudah untuk mengedukasi anak tentang literasi keuangan, apalagi memiliki literasi keuangan sangat penting sebagai bekal di masa depan. Bayangkan jika anak tidak memiliki literasi keuangan yang baik, kedepannya akan sulit menata dan mengatur keuangannya setelah dewasa.

    ReplyDelete
  4. Dulu saya selalu menganggap belajar keuangan itu membosankan. Meskipun kuliahnya di FE, tetap aja bosen hehehehe. Coba dulu ada simulasi kayak game begini. Pasti deh bisa bikin belajar keuangan jadi menyenangkan

    ReplyDelete
  5. Setuju banget terutama di bagian ini:

    "... di zaman sekarang ini untuk belajar sesuatu hal yang baru sudah semakin mudah dan aksesnya kian luas, bahkan untuk belajar tentang keuangan juga bisa dari game"

    Namun tetap saja sebagai orang tua kita kudu mendampingi anak-anak kita terutama yng masih di bawah umur saat memainkan games dan memberikan sejumlah batasan, misalnya lamanya waktu bermain serta jarak mata ke layar gadget.

    ReplyDelete
  6. kalau begini anak-anak gak berasa kayak belajar ya tapi lebih ke main game di money games karena seru dan menarik buat diikuti

    ReplyDelete
  7. Harus banget paham literasi keuangan sejak dini ya mbak supaya bisa mengelola keuangan dengan baik. Banyak lewat cara kita bisa belajar termasuk dari games yang disampaikan dengan mudah & menarik buat anak-abnak supaya paham mengenai literasi keuangan.
    Jadi anak sudah tau deh nanti uang itu asalnya dari mana dan harus digunakan seperti apa

    ReplyDelete
  8. Bagus ini ya, anak-anak sekarang suka game dengan memberikan games edukatif begini, mau gak mau membuat anak-anak langsung belajar keuangan ya. Jangankan anak-anak, aku aja suka mainin game ini hehehe

    ReplyDelete
  9. Sepakat, bukan hanya prang dewasa aja yang harus mengerti dan paham tentang literasi keuangan, remaja dan anak-anak juga harus mengerti dan paham juga. Demi terjaminnya kesehatan keuangan di masa depan

    ReplyDelete
  10. Bermain Money Games Mortgage Calculator untuk anak-anak tentang literasi keuangan, anak-anak secara langsung bisa bermain sambil belajar dan tentunya dengan hati yang gembira. Dan permainan ini bisa di akses secara gratis. Mari ajarkan literasi keuangan pada anak sejak dini.

    ReplyDelete
  11. Mengajarkan literasi finansial ke anak bisa dimulai dengan hal dasar yang sederhana ternyata ya. Plus ada games seru seperti ini bisa membantu sekali. Ada versi Indonesia gak ya? Pakai rupiah gitu, heee

    ReplyDelete
  12. molly udah nyobain gamesnya, suka semua. anak2 bisa belajar atur keuangan juga. edukatif bgt.

    ReplyDelete
  13. Aku dan anak-anak suka nih main game di sini beragam dan seru-seru permainannya ajarin anak berbisnis gitu

    ReplyDelete
  14. Belajar keuangan lewat game jadi lebih memudahkan bagi anak-anak untuk mengerti dan bisa diterapkannya ya. Apalagi ini games juga asik sih buat dimainkan orang dewasa buat healing hehe

    ReplyDelete
  15. Literasi keuangan merupakan skill yang sangat dibutuhkan ya
    Anak bakal cepat belajar klo via game yang seru seperti ini

    ReplyDelete
  16. wah ini bagus nih buat anak2, bisa belajar keuangan lewat game ya

    ReplyDelete
  17. Wah asyik ini ngegame sambil belajar keuangan sambil money games mortgage calculator jadi bisa mengasah skill

    ReplyDelete
  18. Permainan tang tak sekadar game
    Tetapi juga bisa mengajari anak soal keuangan
    Bahkan anak akan lebih mudah memahaminya

    ReplyDelete